Wakapolda Kepri Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2022

30

Batam, Hbabe.co.id – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kepulauan Riau (Kepri), Brigjen Pol Drs. Rudi Pranoto, didampingi Pejabat Utama Polda Kepri menghadiri Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2022 oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI melalui Zoom Meeting yang dipimpin oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Rabu (23/2/22) di Ruang Vicon Polda Kepri.

Dalam sambutannya secara virtual, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyamoaikan ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk dedikasi BNPB RI dalam membantu masyarakat menanggulangi bencana alam dan Covid-19.

“Negara Indonesia berada di Ring Of Fire, yang mana wilayah negara kita termasuk dalam 35 negara yang rawan akan bencana alam dan hampir setiap hari terjadi bencana alam. Kita semua harus tanggap terhadap bencana alam, lakukan secara terpadu, sistematik serta laksanakan dengan komitmen dan tanggung jawab besar. Jangan sampai menimbulkan banyak kerugian baik korban atau pun materil,” kata Presiden Joko Widodo.

Lalu, Presiden juga mengemukakan kemudian negara Indonesia harus menjadi negara yang tangguh dalam penanggulangan bencana alam, untuk itu BNPB harus sigap, tanggap, responsif dan adiktif. Karena bencana alam terjadi tiba-tiba salah satunya yang sedang dihadapi saat ini adalah pandemi Covid-19. Lakukan penghijauan dan penanaman pohon di daerah pesisir yang rawan akan bencana agar meminimalisir resiko bencana alam. Tingkatkan pembangunan Infrastruktur untuk mengurangi resiko bencana alam baik pemerintah dan masyarakat harus bersinergi agar berjalan dengan baik dan benar.

“Selanjutnya siapkan jalur evakuasi dan terus disiagakan instrumen siaga dini serta upgrade semua alat pendeteksi dini dan cek secara rutin serta lakukan pengawasan. Berikan latihan serta pengetahuan kepada masyarakat terkait penanggulangan bencana alam, jangan sampai menunggu bencana datang. Terakhir saya berharap BNPB agar lebih aktif mengajak seluruh pejabat pemerintahan untuk melakukan program pembangunan berimplementasi untuk mengurangi bencana alam sehingga resiko semakin kecil”. tutup Presiden RI Ir. H. Joko Widodo. (Hms).