Untuk Makan, Pria di Karimun Nekat Curi Uang Donasi Palestina

210

Karimun, Hbabe.co.id – Seorang pria berinisial I (29) warga RT 02 RW 03 Desa Pongkar, Kecamatan Tebing berhasil diamankan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Karimun.

Pelaku ditangkap atas aksi nekatnya melakukan pencurian kotak donasi Palestina di Masjid Baitul Jamil, Perumahan Puri Granit Indah, Kecamatan Meral Barat pada Minggu (19/11/2023) lalu.

Kapolres Karimun, AKBP Fadli Agus menjelaskan penangkapan pelaku tersebut berawal dari aduan masyarakat dan informasi di media sosial terkait aksi pencurian kotak donasi. Modus pelaku dalam aksinya dengan berpura-pura hendak melakukan ibadah dan beristirahat di Masjid.

“Sebelum melancarkan aksi pencuriannya itu, pelaku sempat bertemu dan meminta izin kepada pengurus Masjid Baitul Jamil, Wawan (Imam Masjid) untuk menginap di Masjid. Dan tanpa curiga Wawan memberikan izin masuk kedalam kamar yang berada di area masjid untuk tidur,” terang Kapolres. Rabu (22/11/2023) siang saat menggelar Konferensi Pers.

Dikatakan AKBP Fadli, Pukul 01.35 WIB pelaku terbangun dari tidurnya dan kemudian menggambil uang di dalam kotak infaq tersebut. Setelah melancarkan aksi pencurian itu pelaku sempat menunaikan ibadah shalat malam, aksi ini terekam jelas di kamera CCTV yang berada di Masjid.

“Setelah sholat pelaku lalu pergi meninggalkan masjid. Wawan baru mengetahui telah adanya pencurian di masjid sekitar pukul 04.00 WIB. Pelaku kita tangkap saat berada di kawasan GOR Badang Perkasa pada Selasa, 21 November 2023 sekitar pukul 18.30 WIB,” tutur AKBP Fadli Agus.

Tersangka I (29) mengaku mencuri uang di dalam kotak infaq peduli Palestina berisi uang tunai Rp 200 ribu. Uang tersebut telah digunakan pelaku untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

“Uangnya untuk beli makan dan rokok,” kata tersangka.

Atas perbuatannya tersangka disangkakan pasal 364 KUHP dan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 2 tahun 2022 tentang penyesuaian batasan tindak pidana ringan dan jumlah denda dalam KUHP.

“Kami meminta kepada masyarakat jika ada kejadian seperti pencurian ataupun kriminal lainnya untuk dapat melaporkan ke aparat ataupun petugas sehingga dapat segera ditindaklanjuti”. tutup Kapolres Karimun, AKBP Fadli Agus. (*Ry).

Editor : RD