Tim Gugus Kabupaten Karimun Amankan 78 Orang Pelanggar Protokol Kesehatan

51

Karimun, Hbabe.co.id – Tim gugus penanganan Covid-19 dan penanganan vaksin Kabupaten Karimun melaksanakan operasi yustisi tentang protokol kesehatan.

Operasi yustisi yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol-PP dan Dinas Kesehatan ini dipusatkan di Jalan A. Yani, Kelurahan Sungai Lakam Barat Kabupaten Karimun. Jumat (4/3).

Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, S. Sos, M. Si, didampingi Kapolres Karimun AKBP. Tony Pantano, S.H, S. I. K menjelaskan, dalam operasi yustisi ini sebanyak 78 orang pelanggar protokol kesehatan yang mengendarai motor dan mobil berhasil diamankan.

“Ada 78 orang yang diamankan tidak menggunakan masker. Untuk pelanggar ini kita  melakukan rapid antigen di tempat, hasilnya 8 orang dinyatakan reaktif atau yang positif,”ungkapnya.

Lanjutnya, dan untuk  8 orang yang positif ini akan dilakukan screening dan kemudian akan dibawa ke isolasi terpadu untuk dicatat, kemudian akan dilakukan tracing dan testing bagi yang kontak rap dengan keluarganya. Dan bagi yang tidak ada gejala akan diminta untuk isolasi mandiri.

“Dengan pengawasan dari kita, data ini akan kita sampaikan ke Kecamatan dan Kelurahan, sehingga mengetahui ada warganya yang terkonfirmasi Covid-19,”ujarnya.

Rafiq mengatakan, operasi yustisi akan dilakukan kontiniu sampai level PPKM  di Kabupaten Karimun dinyatakan turun ke level 2 dan level 1.

“Selama level 3 ini akan tetap dilakukan operasi yustisi agar masyarakat disiplin, sehingga tidak terjadi penyebaran yang tinggi. Karena penyebaran yang sangat tinggi aktivitas-aktivitas akan tutup dan akan mempengaruhi ekonomi kita yang sedang sulit ini, saya minta kepada media untuk mempublikasikan bahwa yustisi ini untuk menyelamatkan masyarakat sehat,”pungkasnya.

maszan