Beranda blog

Satu Pengendara Motor Tewas Usai Tabrakan di Simpang 4 Mutiara Karimun

Karimun, Hbabe.co.id – Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua sepeda motor terjadi di Jl. Letjen Suprapto, Sungai Raya, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Kamis (1/2/2024).

Tabrakan melibatkan sepeda motor honda Vario dan honda Beat ini terjadi sekitar pukul 16.30 WIB tepatnya disimpang 4 mutiara. Akibat kecelakaan itu, satu orang dikabarkan meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Karimun, Iptu Dristica Brian Arya Leviantona menjelaskan sepeda motor Honda Vario BP 3923 JK warna Merah Hitam yang dikendarai oleh HR membonceng istri SM dan anaknya KF yang datang dari arah PT. Mos menuju ke arah Jelutung.

Selanjutnya, sesampainya di Jl. Letjen Suprapto, Sungai Raya, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun tepatnya di simpang 4 Mutiara bertabrakan dengan sepeda motor Honda Beat BP 2575 KW warna Hitam yang dikendarai oleh AD yang datang dari arah Parit Benut menuju ke arah Pangke.

“Akibat dari kecelakaan tersebut HR mengalami luka robek pada bagian kepala, lalu mengalami pendarahan pada kepala dan Meninggal Dunia,” ungkap Kasat Lantas Polres Karimun, Iptu Dristica Brian Arya Leviantona.

“SM mengalami memar pada paha sebelah kanan, KF mengalami memar pada bahu sebelah kiri sedangkan AD mengalami luka robek pada pelipis sebelah kanan,” pungkasnya. (*Ry)

Editor : Din

APK di Jalan Ahmad Yani Kolong Diduga Langgar Aturan

Karimun, Hbabe.co.id – Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) harus sesuai zona yang telah ditetapkan. Hal itu sudah di atur dalam Keputusan KPU Kabupaten Karimun Nomor 337 Tahun 2023 tentang Penetapan Lokasi Pemasangan APK dan Lokasi Kampanye dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Akan tetapi, masih ada ditemukan APK yang melanggar aturan dilokasi pemasangan APK yang tidak diijinkan seperti di Jl. A. Yani Kolong, Kabupaten Karimun.

Hal tersebut disampaikan dan menuai kritikan masyarakat. Bawaslu Karimun diminta segera melakukan penertiban dan mencopot APK yang di pasang di lokasi terlarang itu.

“Kami mempertanyakan kewenangan pihak-pihak terkait untuk menertibkan APK, karena Jl. A. Yani Kolong itu adalah lokasi pemasangan APK yang tidak diijinkan sebagai lokasi pemasangan APK,” kata salah satu masyarakat yang enggan disebutkan namanya, pada Minggu (28/1/2024) sore.

Ia berharap, parpol peserta pemilu tersebut agar dapat melakukan pemasangan APK sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Bawaslu Karimun kami minta untuk menegakkan aturan dan segera lakukan pencopotan terhadap APK yang melanggar aturan tersebut,” pintanya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi awak media ini, Ketua Bawaslu Karimun, Muhammad Iskandar, mengatakan APK tersebut tidak mengandung atau memuat unsur-unsur citra diri. APK tersebut hanya memuat fotonya saja sedangkan nomor urut calegnya tidak ada. Selain itu disebelahnya juga adalah Kantor Sekretariat Parpol tersebut.

“Didalam regulasi yang kami pahami bahwasanya itu tidak bisa dimaknai sebagai citra diri karena bersifat komulatif bukan bersifat alternatif, nomor urutnya tidak ada hanya nama dan fotonya saja,” jelas Ketua Bawaslu Karimun, Muhammad Iskandar.

Iskandar menyebutkan jika ada masyarakat yang merasa keberatan dengan keberadaan baliho tersebut maka masyarakat diminta untuk memasukkan surat keberatan ke Sekretariat Bawaslu Kabupaten Karimun.

“Surati ke kita maka nanti kita akan undang masyarakat tersebut datang ke Kantor Bawaslu untuk kita berikan penjelasan”. tukasnya. (*Ry).

Editor : Din

Portal Karimun Gelar Seminar Literasi Digital

PORTAL Karimun Gelar Seminar Literasi Digital

Karimun, Hbabe.co.id – Perhimpunan Tempatan Afiliasi Lokal (PORTAL) Kabupaten Karimun menggelar Seminar Literasi Digital, bertempat di Ballroom Hotel Alisan, Kapling, Tanjung Balai Karimun. Minggu (28/1/2024).

Seminar ini mengusung tema “Optimalisasi Peran Pemuda Menghadapi Tantangan di Era Transformasi Digital” dan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Adapun ketiga narasumber tersebut adalah Sri Zullyanti Ningsih (Penggiat Literasi Digital), Sri Rezeki (Tokoh Perempuan Karimun), dan Parizal (Dosen STIE Cakrawala Karimun).

Salah satu narasumber, Parizal selaku Dosen STIE Cakrawala Karimun mengatakan seminar ini untuk memberikan pemahaman secara sederhana kepada generasi muda tentang pentingnya dunia Digitalisasi.

“Penting untuk kita semua menguasai literasi digital untuk menangkal berita-berita hoax khususnya bagi para pemuda di Kabupaten Karimun,” kata Parizal.

Sementara itu, Ketua Portal Kabupaten Karimun, Wisnu Hidayatullah menyampaikan tujuan diselenggarakan seminar literasi digital ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak muda dalam rangka menghadapi pemilu 2024 dan kegiatan ini diikuti oleh ratusan pemuda di Kabupaten Karimun.

Menurutnya, seminar ini sangat penting dan memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat terutama generasi muda jelang pemilu. Saat ini anak-anak muda itu harus benar-benar tau dan harus bisa memilah mana berita hoax dan mana berita yang sebenarnya.

“Melalui seminar ini saya berharap anak muda dapat berpikir kritis, tidak mudah percaya dengan semua yang didapatkan di internet serta tidak sembarangan membagikan berita hoax yang diperoleh dari internet”. harap Wisnu. (*Ry)

Editor : Din

Peringatan Hari Bhakti ke- 74, Imigrasi Karimun Gelar Upacara dan Syukuran

Karimun, Hbabe.co.id – Puncak peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke- 74, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun melaksanakan upacara di kantor setempat. Jumat (26/1/2024).

Upacara tersebut mengusung tema” Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi”.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Sophian Kasim Sani mengatakan bahwa bahwa rangkaian kegiatan memperingati Hari Bakti Imigrasi ke- 74 telah dimulai sejak awal Januari 2024.

Diawali dengan kegiatan Imigrasi Melayani berupa Layanan Paspor Simpatik yang dilaksanakan serentak diseluruh Kantor Imigrasi di Indonesia pada tanggal 6, 13 dan 20 Januari 2024 berupa layanan Paspor dihari Sabtu.

Kemudian pada tanggal 22 Januari 2024, dilanjutkan dengan kegiatan Imigrasi Berbakti berupa bakti sosial pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, juga dilaksanakan kegiatan donor darah pada tanggal 23 Januari 2024, dan dilanjutkan kegiatan tabur bunga untuk mengenang para pahlawan pada tanggal 24 Januari 2024.

“Puncaknya upacara Hari Bakti Imigrasi ke- 74 pada hari ini, Jumat tanggal 26 Januari 2024 dan dilanjutkan dengan syukuran,” ujar Sophian.

Sophian menjelaskan Hari Bhakti Imigrasi diperingati setiap tahun pada tanggal 26 Januari. Tujuannya sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan untuk kemerdekaan Indonesia.

Ia menyebutkan filosofi dari logo Hari Bhakti Imigrasi ke-74 adalah terdiri dari gabungan angka 7 dan 4 yang membentuk seseorang yang siap untuk berlari dengan warna merah yang melambangkan semangat, energi dan kegembiraan serta warna Emas yang melambangkan prestasi dan kesuksesan.

“Logo ini merepresentasikan kesiapan dan semangat insan imigrasi untuk terus berkarya dalam inovasi dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat serta pengabdian terhadap bangsa dan negara,” ungkapnya.

Terakhir, Kasi Tikim juga menyampaikan selamat Hari Bhakti Imigrasi yang ke-74 sekaligus berpesan kepada jajaran Imigrasi untuk senantiasa berkinerja dengan profesional dan inovatif.

“Saya berpesan kepada insan imigrasi untuk tetap memegang teguh prinsip tata nilai PASTI dan BerAKHLAK dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sehari-hari,” pesan Kasi Tikim, Sophian. (*Ry).

Editor : Din

Kapolres Karimun Cek Kendaraan Dinas Personel, Ada Apa?

Karimun, Hbabe.co.id – Polres Karimun melakukan cek kesiapan kendaraan dinas seluruh personel. Kamis (25/1/2024).

Pengecekan kendaraan dinas tersebut dipimpin oleh Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, S.I.K., M.H., didampingi Wakapolres Karimun, Kabag Log dan diikuti personel yang memiliki surat perintah pemegang kendaraan dinas dari satuan fungsi maupun personel dari Polsek daratan.

Dalam arahannya Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, mengatakan pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan kendaraan dinas para personel khususnya Bhabinkamtibmas. Disebutkan, pengecekan yang dilakukan berupa data atau jumlah kendaraan yang digunakan oleh personel serta faktor kelayakan kendaraan sehingga nantinya dapat di antisipasi terlebih dahulu sebelum di gunakan menjalankan tugas.

Selain itu, pengecekan ini dalam rangka pengamanan pemilu 2024 dimana 20 hari lagi kita akan menghadapi proses pemungutan suara sehingga pengecekan ranmor dinas penting agar para personel Polres Karimun khususnya Bhabinkamtibmas tidak mengalami kendala dalam menjalankan tugas pembinaan di desa ataupun di Kecamatan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah menjadi kebijakan dari pimpinan, terkait dengan kesiapan personel dalam pelaksanaan tugas ke depannya dan dari hasil pemeriksaan, semua kendaraan dalam keadaan baik dan dapat di pergunakan untuk menunjang kegiatan personel Polres Karimun.” kata Kapolres Karimun. (*Ry)

Tarik Minat Jadi Anggota, Polres Karimun Gencar Sosialisasi Penerimaan Polri Tahun 2024

Karimun, Hbabe.co.id – Polres Karimun terus melaksanakan sosialisasi penerimaan calon Anggota Polri terpadu (Akademi Kepolisian, bintara dan tamtama) tahun 2024 di beberapa sekolah di Kabupaten Karimun. Selasa (23/1/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres karimun AKBP Fadli Agus, S.I.K., M.H, didampingi Kabag SDM Polres Karimun AKP Binsar Samosir, S.H., M.H, beserta personel Bag SDM Polres Karimun adapun sosialisasi dilaksanakan di SMAN 2 Karimun, SMAN 1 Karimun, dan SMAN 4 Karimun.

Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, menyampaikan bahwa pada saat ini Polres karimun mengadakan sosialisasi terkait penerimaan Polri yang mana Kepolisian Negara Republik Indonesia memberi kesempatan kepada siswa-siswi yang akan lulus sekolah untuk menjadi bagian dari keluarga besar Polri dalam penerimaan terpadu calon anggota Polri tahun anggaran 2024.

“Kegiatan sosialisasi penerimaan terpadu polri 2024 baik itu taruna/i akpol, bintara dan tamtama, merupakan tahap awal untuk memperkenalkan bahwa rekruitmen Polri sesuai moto (betah) Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis,” ujar Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan animo pendaftaran calon anggota Polri di wilayah Kabupaten Karimun supaya lebih meningkat dibanding tahun 2023 lalu.

“Bukan hanya untuk siswa siswi, penerimaan ini terbuka untuk umum, bagi yang memenuhi syarat silakan mendaftar,” kata Kapolres Karimun.

Sementara itu, Kabag SDM Polres Karimun AKP Binsar Samosir menambahkan bahwa hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi putra putri khususnya yang ada di Kabupaten Karimun untuk menjadi Polisi.

“Pendaftaran gratis tidak dipungut biaya, dan semua proses seleksi dilaksanakan secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis dan untuk pendaftaran nantinya akan dilakukan secara online melalui website penerimaan.polri.go.id”. tutup Kabag SDM Polres Karimun, AKP Binsar Samosir. (*Ry).

Editor : Din

Diduga Depresi, ASN RSUD M Sani Tewas Gantung Diri

Karimun, Hbabe.co.id – Seorang mayat laki-laki ditemukan meninggal dunia dengan keadaan gantung diri di tangga darurat lantai 6 RSUD Muhammad Sani sekira pukul 18.20 Wib, Sabtu (20/1/2024).

Korban yang diketahui berinisial D berusia 43 tahun tersebut merupakan salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Teknisi Listrik di RSUD Muhammad Sani, warga Kp. Harapan RT 001/RW 001 Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

Korban pertama kali ditemukan oleh Eko Kisriawan (24) karyawan honorer Teknisi AC dengan keadaan gantung diri diatas tangga menuju lantai 7 (Tujuh).

“Dugaan sementara bunuh diri. Pemeriksaan awal hanya ditemukan luka di leher, tidak ada tanda-tanda kekerasan dari tubuh korban,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Fadli Agus.

Dikatakannya, dari hasil pemeriksaan bahwa ASN tersebut mengalami gangguan psikologis. Dan sudah pernah berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan atau psikiater baik yang ada di RSUD M. Sani Karimun, Batam dan juga Malaysia.

“Keterangan didapat keluhannya depresi yang dideritanya selama 6 tahun, dan 3 tahun lalu juga ada upaya bunuh diri dan pada saat itu berhasil digagalkan oleh pihak keluarganya,” kata AKBP Fadli Agus.

Kapolres Karimun mengungkapkan Korban gantung diri dengan mengikat tali jenis tambang sepanjang 1,80 M di pagar batas samping tangga lt. 7.

“Korban menggantung diri melalui lt. 7 dan menggantung di lt. 6 tepatnya atas tangga menuju lt. 7,” ungkap Kapolres Karimun.

Informasi yang dihimpun Hbabe.co.id, sekira Pukul 14.00 Wib anak korban dan Bibi korban menanyakan kepada rekan kerja korban tentang keberadaan korban di RSUD M. Sani karena khawatir dari pagi tidak pulang kerumah padahal jadwal kerjanya sedang libur.

Pihak keluarga melihat kendaraan korban masih berada diparkir karyawan RSUD, akan tetapi Eko tidak melihat korban.

Kemudian anak korban kembali pada pukul 17.00 Wib dengan Istri Korban dan menanyakan kembali keberadaan korban kepada Eko.

Selanjutnya teman korban berusaha mencari keberadaan korban di sekitar RSUD M. Sani dengan mengecek cctv RSUD dan menemukan CCTV korban terlihat terakhir di tempat parkir pada pukul 08.37 Wib dgn menuju kearah gedung RSUD M. Sani.

Pada sekira pukul 18.20 Wib, teman korban melakukan pencarian di lantai 6. Pada saat membuka pintu darurat di lantai 6 teman korban menemukan korban dengan keadaan gantung diri diatas tangga menuju lantai 7. (*Ry).

Editor : Din