Sanggar Angklung SLB Negeri Karimun Meriahkan Pelantikan Pengurus IKABSU

133

Karimun, Hbabe.co.id – Acara Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Karimun Masa Bakti 2023–2028 di Gedung Serbaguna HKBP Kapling, Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Rabu (6/12/2023) malam.

Acara tersebut turut dimeriahkan oleh penampilan dari Sanggar Angklung SLB Negeri Karimun. Menggunakan alat musik Tradisional Angklung para siswa SLB Negeri Karimun ini membawakan dua lagu dari Sumatera Utara yaitu lagu O Tano Batak dan lagu Alusi Au.

Penampilan mereka yang memukau tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi para undangan yang hadir pada acara tersebut.

Guru SLB sekaligus selaku Pelatih Sanggar Angklung, Jarudin Sinaga menyebutkan para siswa tersebut merupakan anak-anak berkebutuhan khusus diantaranya adalah Tuna Rungu, Tuna Daksa, Tuna Grahita dan Tuna Netra.

“Saat ini Sanggar Angklung SLB Negeri Karimun pemainnya berjumlah sebanyak 35 siswa. Kami merasa bangga atas apresiasi yang diberikan, dan kami merasa sangat dihargai,” ujar Jarudin Sinaga.

Menurut Jarudin Sinaga, selaku pelatih dirinya merasa senang jika ada instansi ataupun organisasi yang mengundang Sanggar Angklung SLB Negeri Karimun.

“Hal ini adalah sebagai bentuk perhatian kepada anak-anak kita. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pengurus IKABSU Kabupaten Karimun,” katanya.

Ia menuturkan pada awal dibentuk Sanggar Angklung SLB Negeri Karimun itu sangat-sangat rumit dikarenakan sebagian besar siswa tidak bisa mendengarkan apa-apa.

“Kita gunakan bahasa isyarat dan setiap hari kita lakukan latihan pembiasaan sehingga saat ini tanpa kita suruhpun mereka sudah tau posisi masuknya gimana, bagaimana cara memainkannya dan kapan waktu memainkannya,” tuturnya.

Jarudin Sinaga juga mengungkapkan bahwa Sanggar Angklung SLB Negeri Karimun merupakan satu-satunya Sanggar Angklung yang ada di Provinsi Kepri.

Baru-baru ini Sanggar Angklung SLB Negeri Karimun dipercaya dan diminta untuk tampil di Batam dalam Event IMTGT yaitu kerjasama dengan tiga negara antara Indonesia, Malaysia dan Thailand.

“Sepengetahuan kami masih dari kita Angklung Se Kepri ini, bahkan dari sekolah-sekolah biasa pun belum ada.” tutupnya. (*Ry).

Editor : RD