Resmikan Komunitas Buka Buku, Ini harapan Sekda Karimun

133

Karimun, Hbabe.co.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah meresmikan Komunitas Buka Buku, bertempat di Ballroom Hotel Aston, Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Sabtu (20/01/2024).

Peluncuran resmi Komunitas Buka Buku Tanjung Balai Karimun tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekda Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah.

Turut hadir dalam acara tersebut Bunda Literasi Kabupaten Karimun, Raja Azmah Aunur Rafiq, Kepala OPD, Sekretaris Diskominfo, Irwan Dinovri, Yard Manager PT Saipem, Amilcare Berti, Pengurus IGTKI Karimun dan tamu undangan lainnya.

Selain peresmian Komunitas Buka Buku juga disejalankan dengan Seminar Edukatif Pekan Literasi (PENSI) Komunitas Buka Buku Tanjung Balai Karimun, dengan mengusung tema “Memaksimalkan Potensi Anak Sedari Dini dengan Pola Asuh Berbasis Otak”.

Adapun pembicara ahli dalam Seminar tersebut yaitu Pembicara 1 (satu), Mochamad Ariyo Faridh Zidni selaku Co-founder Federasi Pendongeng Asia, Pendongeng dan Penulis Cerita Anak, serta Co-founder Ayo Dongeng Indonesia.

Sedangkan pembicara 2 (dua) adalah Nurul Bahirah, selaku Konsultan Pendidikan, Guru Trainer serta Project-Based Learning Facilitator.

Penggagas Komunitas Buka Buku Indonesia, Mira Natasya A. Siregar, mengatakan Komunitas Buka Buku ini adalah Komunitas beranggotakan orang tua di Indonesia yang memiliki ketertarikan dalam mengupayakan peningkatan budaya gemar membaca sejak dini pada anak-anaknya.

Lanjut, salah satu program wajibnya yaitu Baling (baca buku keliling). Baling merupakan kegiatan bulanan komunitas yang diadopsi dari budaya arisan konvensional namun dirubah menjadi lebih edukatif untuk keluarga.

“Jika arisan konvensional biasanya menggilir nama pemenang yang akan mendapatkan uang arisan setiap bulan, maka dalam kegiatan Baling ini para anggota digilir untuk menjadi pembaca dongeng atau buku cerita untuk anak-anaknya di rumah,” jelas Mira.

Dalam kesempatan itu, Mira juga menyebutkan bahwa kegiatan Seminar ini adalah acara tahunan Komunitas Buka Buku, pertama dan terbesar yang diadakan di Tanjung Balai Karimun.

Sebelumnya, Komunitas Buka Buku menggelar program Bagi Buku OTR (On The Road) yang membagikan seratus buku cerita anak secara gratis di Kecamatan Karimun, Kecamatan Meral, serta Kecamatan Tebing yang berlangsung selama tiga hari, tanggal 14, 17, dan 18 Januari 2024 lalu.

“Semua rangkaian acara ini diselenggarakan secara cuma-cuma bagi warga Karimun, berharap semoga tahun depan kita bisa laksanakan kegiatan ini lagi bersama-sama dengan sponsor yang ada,” kata Mira.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Komunitas Buka Buku dan PT Saipem atas peresmian dan terselenggaranya acara tersebut.

“Rangkaian kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan ini sangat positif sekali dalam rangka untuk mewujudkan generasi emas 2045,” ujar Muhammad Firmansyah.

Sekda berharap melalui kegiatan ini akan terjalin sinergi antara komunitas yang berdiri secara independen, kemudian anak-anak didik, orang tua, para guru dan pihak-pihak swasta yang berintegrasi dengan Pemerintah Daerah.

“Untuk bisa menghasilkan generasi emas tidak hanya menjadi peran pemerintah saja, namun diperlukan pula peran aktif dari orang-orang yang terintegrasi.” pungkasnya. (*Ry).

Editor : Din