Mobil Damkar PT Timah Tbk Sigap Padamkan Kebun Warga di Teluk Radang yang Terbakar

86

Karimun, Hbabe.co.id – Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) PT Timah Tbk dengan sigap memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di kebun warga di Ujung Baru, Desa Teluk Radang Kecamatan Kundur Utara, Selasa, (1/02/2022).

Kebun yang terbakar itu seluas 4 Hakter itu milik Nasikin, dan 5 hektar lahan lain milik Warga Desa Kundur yang berlokasi berdekatan di dalam kebun.

Kepala Desa Teluk Radang, Ngadino saat menerima informasi terkait Karhutla, langsung menghubungi PT Timah Tbk Wilayah Operasi Riau dan Kepulauan Riau. Hal ini lantaran PT Timah Tbk memiliki mobil Damkar untuk membantu masyarakat memadamkan api agar tidak menjalar ke wilayah lain. Apalagi tidak jauh dari lokasi kebakaran tersebut merupakan pemukiman padat penduduk.

“Atas bantuan Damkar PT Timah dan kerja keras bersama-sama, api dapat dijinakkan dan tidak sampai merembet ke rumah warga. Alhamdulilah, dengan cepat dan sigap tim Damkar milik PT Timah membantu memadamkan api sehingga tidak sampai ke wilayah sekitar,” kata Ngadino.

Kemudian Dirinya menuturkan, tim Damkar PT Timah Tbk sangat cepat tanggap dan sigap dalam membantu masyarakat, terlebih saat ini telah memasuki musim kemarau. Dirinya juga mewanti-wanti warga agar tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar lahan.

“Apabila terjadi kebakaran lahan kita memang sangat mengandalkan Mobil Damkar dari PT Timah untuk membantu kami,” tuturnya

Sementara itu, Kapolsek Kundur Utara/Barat Sasmintoro juga memberikan apresiasi kepada PT Timah yang dengan cepat merespon permintaan dari masyarakat sehingga api bisa dipadamkan dengan cepat.

“Saya minta untuk masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena sesuai undang-undang nomor 32 tahun 2009, Pelaku pembakaran hutan dan lahan dapat diancam pidana maksimal 15 tahun penjara dan denda mencapai Rp15 miliar”. kata Kapolsek. (Hms/RD).