Kadisdik Karimun Pastikan Dana DAK Nonfisik Penggunaannya Tepat

24

KARIMUN, HBABE.CO.ID-Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim menjelaskan proses kronologis tata cara pecairan dan penggunaan Dana Alokosi Khusus (DAK) Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Kesetaraan di Kabupaten Karimun sudah sangat tepat.

Bakri mengatakan, berkembangnya pemberitaan saat ini terkait dana DAK BOP PAUD dan BOP Kesetraan menimbulkan persepsi buruk di masyarakat. Bakri memastikan, persoalan dana tersebut tidak pernah singgah pada KAS Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

“Itu dananya langsung ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD-red), semua proses melalui aplikasi dana tidak pernah singgah ke Dinas Pendidikan,”kata Bakri menjelaskan, Kamis (1/10).

Dikatakan proses proses kronologis tata cara pecairan adalah pertama, Sekolah input data di dapodik kemudian Kemdikbud verifikasi data dapodik dan hasil yang sudah di verifikasi di upload oleh Kemdikbud di SIMDAK BOP.

Ketiga, Berdasarkan simdak BOP, Disdik membuat usulan SK Bupati untuk daftar sekolah penerima BOP terus Sekolah mengajukan Proposal sesuai SK. Kemudian kelima, SK, proposal dan berkas pencairan lainnya di serahkan ke BPKAD.

“Baru nanti Kemenkeu melalui Rekening Kas Umum Negara (RKUN) mentransfer dana sesuai yang dianggarkan ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). RKUD berdasarkan berkas point 5 mentransfer dana ke sekolah dan Sekolah yang menerima membelanjakan dan membuat laporan pertanggungjawaban,”katanya merinci.

Bakri mengakui dengan adanya Dana Alokosi Khusus (DAK) Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Kesetaraan dari pusat tersebut sangat signifikan dalam mengubah kondisi pembangunan pendidikan di Kabupaten Karimun.

“Berapa puasnya kita melihat gedung sekolah di Karimun sekarang, semua melalui anggaran pusat DAK,”puji Bakri.

maszan