HUT ke-76 MA dan PN TBK Ke -17, Pengadilan Negeri Karimun  Gelar Donor Darah 

28
HUT MA
Dalam Rangka HUT MA, Pengadilan Negeri Karimun gelar donor darah

KARIMUN, Hbabe.co.id-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia ke-76 tahun 2021, sekaligus  HUT Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Balai Karimun ke-17 tahun, Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Balai Karimun  menggelar kegiatan baksos donor darah. Kamis (19/8).

Acara diawali dengan doa bersama dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun kemudian dilanjutkan dengan kegiatan donor darah.

Ketua PN Karimun Medi Rapi Batara Rapi, S.H, M.H melalui Humas PN TBK, Alfonsius J. P. Siringo – Ringo, S.H mengatakan kegiatan donor darah menjadi salah satu rangkaian peringatan HUT ke-76 Mahkamah Agung RI, sekaligus memperingati HUT Pengadilan Negeri Karimun yang ke- 17.

“Kegiatan ini untuk mendukung tercapainya visi PN TBK yakni Terwujudnya Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun yang Agung dengan Tema Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani,”tuturnya. 

Dengan begitu, dengan adanya aksi donor darah ini bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya yang membutuhkan darah, sambungnya. 

Ia menjelaskan  pada kegiatan donor darah ada sekitar 16 orang yang donor, termasuk Ketua PN TBK, Wakil Ketua, hakim,  hingga ibu-ibu Dharmayukti Karini ikut juga menyumbangkan darahnya.

“Mendonorkan darah memiliki banyak manfaat di antaranya bisa merangsang sumsum tulang tetap keadaan aktif. Darah yang didonorkan sekitar 300 cc akan digantikan dengan 300 cc darah baru yang mempunyai fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatannya,” paparnya. 

Alfonsius J. P. Siringo – Ringo, S.H  mengatakan mendonorkan darah juga berguna untuk pemeliharaan fungsi jantung, sebab jumlah darah yang terlalu banyak dapat membebani jantung. Saat sumsum tulang panjang memproduksi sel darah, bukan hanya sel darah merah yang dibuat, tapi juga semua sel darah berserta komponennya.

Tambahnya, Ini sangat membantu proses pembelajaran dalam hal kegiatan sosial. Donor darah adalah bentuk keprihatinan kita semuanya atas kekurangan darah segar yang selalu dialami PMI. 

“Ini sangat membantu proses pembelajaran dalam hal kegiatan sosial. Donor darah adalah bentuk keprihatinan kita semuanya atas kekurangan darah segar yang selalu dialami PMI,”jelasnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PN Karimun mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi pegawai dan honorer di PN TBK.

maszan