FPK Karimun Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan

67

Karimun, Hbabe.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka Seminar Wawasan Kebangsaan yang digelar oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Karimun di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Kamis (30/11/2023).

Seminar Wawasan Kebangsaan ini mengusung tema “Dengan Dialog Kebangsaan, Kita Ciptakan Pemilu 2024 Damai dan Kondusif”.

Pada kesempatan itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia untuk mengenali diri, lingkungan dan tanah air yang mengutamakan kesatuan dan persatuan bangsa dengan dilandasi Pancasila dan UUD 1945 dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, kedewasaan dalam berpolitik harus dimiliki seluruh masyarakat guna mewujudkan kesuksesan pada pemilu 2024 yang akan datang. Maka, diharapkan bagi seluruh masyarakat dapat saling menghargai dan menghormati sesama meski berbeda pilihan.

“Jelang tahun politik yang akan datang, saya mengimbau seluruh masyarakat dapat menjaga persatuan dan kesatuan sehingga pemilu berjalan lancar dan tercipta kondusifitas di Kabupaten Karimun,” ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Sementara itu, Ketua FPK Kabupaten Karimun, H. Abu Samah mengatakan kegiatan seminar ini sesuai dengan program FPK Karimun dari awal tahun lalu, menginginkan agar diadakan pembahasan kebangsaan ini dan sesuai dengan visi dan misi FPK untuk menjadikan Kabupaten Karimun daerah yang damai dan kondusif.

“Untuk di Karimun ini, kami tidak membedakan antar suku semuanya sama, FPK terdiri bermacam ragam suku yang terdiri dari 26 suku dan 16 Paguyuban, yang terpenting bagaimana membangun Kabupaten Karimun secara bersama-sama dan kebetulan masuk tahun pemilu tahun 2024 ini,” kata H. Abu Samah.

Dijelaskan, peserta yang mengikuti Seminar Wawasan kebangsaan ini diutamakan dari dunia pendidikan yaitu dari SMA, SMK, Mahasiswa, Ormas/OKP dan perwakilan suku-suku yang ada di Kabupaten Karimun.

“Tujuannya bagaimana pemilu di Kabupaten Karimun ini dalam keadaan damai dan kondusif,” pungkasnya.

Diketahui kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan ini untuk narasumbernya berasal dari KPU Kabupaten Karimun, Kesbangpol, dan Polres Karimun. (*Ry).

Editor : RD