Diissukan Pemadaman Listrik Saat Pergantian Tahun, Kepala PLN Karimun: Itu Hoax

88

KARIMUN, HBABE.CO.ID-Masyarakat Kabupaten Karimun banyak menerima adanya informasi pemadaman secara sengaja oleh pihak PLN saat pergantian tahun baru malam ini. Info tersebut langsung berkembang dan mendapat respon dari masyarakat.

“Tadi saya pas belanja, pihak toko menyampaikan bahwa malam ini ada pemadaman secara serentak oleh pihak PLN. Katanya ada pengumumannya,”kata Evi, warga Kepada HBABE.CO.ID.

Info tersebut tambahnya sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi penyebaran covid 19, sehingga masyarakat tidak melakukan pengumpulan massa atau melakukan pesta-pesta.

“Kita merasa kurang tepat jika alasan penyebaran covid. Kalau memang pemadaman bisa menkan penyebaran covid ya silahkan saja. Tapi apa jaminannya,”katanya heran.

Terpisah, Kepala UPT PLN Tanjung Balai Karimun, Jaswir menegaskan adanya issu pemadaman listrik pada saat pergantian tahun malam ini ada hoax. Jaswir mengatakan jika ada pemadaman pihaknya akan menyampaikan pengumuman secara resmi.

“Ngak bener itu pak, kalau ada pemadaman terencana, kita selalu ada pemberitahuan.
Kecuali padam karena gangguan yang diluar kendali, Saat ini tdk ada rencana pemadaman,”tegas Jaswir saat di hubungi melalui WA, Kamis (32/12).

Dari data yang dihimpun, menurut UU Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan mengatur pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menerima kompensasi jika ada pemadaman listrik diakibatkan kesalahan atau kelalaian pengoperasian oleh pemegang izin usaha pelayanan tenaga listrik.

Sebagai perusahaan yang melakukan penjualan tenaga listrik kepada konsumen PLN mempunyai kewajiban: a. menyediakan tenaga listrik yang memenuhi standar mutu dan keandalan yang berlaku; b. memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada konsumen dan masyarakat; c. memenuhi ketentuan keselamatan ketenagalistrikan; dan d. mengutamakan produk dan potensi dalam negeri.

maszan