Cegah Tindak Pidana Di Perairan Karimun, Satpolair Polres Karimun Gelar Patroli Gabungan Dengan Instansi Maritim

151

Karimun, Hbabe.co.id-Satpolair Polres Karimun gelar patroli gabungan bersama dengan istansi maritim di perairan Kabupaten Karimun. Kamis(10/6).

Kasat Polair Polres Karimun IPTU. Sabar Binsar Samosir, S.H, M.H mengatakan, dalam kegiatan patroli gabungan ini melibatkan 25 orang personil terdiri dari, Lima orang personil dari Satpolair Polres Karimun, Tiga orang personil Dit-Polairud Polda Kepri, Empat orang personil KSOP Tanjung Balai Karimun, Lima orang personil Bea Cukai Tanjung Balai Karimun dan Delapan orang personil Kanwil DJBC  Khusus Kepri.

“Pada kegiatan patroli ini kita menggunakan, Satu unit KP 1002 milik Satpolair Polres Karimun, Satu unit KP 1001 milik Dit Polairud Polda Kepri, Satu unit KP 2004 milik Dit Polairud Polda Kepri, Satu unit Kapal milik BC Tanjung Balai Karimun, Satu unit kapal BC 119 milk Kanwil DJBC Kusus Kepri, Satu unit Kapal KNP 352 milik KPLP Tanjung Balai Karimun dan Satu unit Kapal KN.S41 Milik KSOP Tanjung Balai Karimun,”tuturnya.

Binsar mengungkapkan, dalam patroli tersebut, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap kapal KLM. Bahtera Karimun bermuatan Semen milik PT. Semen Bosowa dari Kabil Batam  tujuan Karimun. Dalam pemeriksaan yang kita lakukan tidak ada ditemukan pelanggaran maupun tindak pidana, selanjutnya kapal kita lepaskan untuk melakukan bongkar muat di Pelabuhan Kolong.

“Ini kita lakukan untuk mencegah setiap kegiatan ilegal maupun penyeludupan di wilayah perairan Kabupaten Karimun yang dapat merusak serta merugikan perekonomian di negara kesatuan Indonesia,”katanya.

Dijelaskan, selain memberi kenyamanan terhadap pengguna jasa angkutan laut, kegiatan ini juga untuk menjalin sinergitas antara Instansi Maritim di Kabupaten Karimun.

“Dan pada kegiatan ini kita juga memberikan himbauan kepada pengguna jasa angkutan laut agar selalu mematuhi protokol kesehatan  dengan cara 5M dalam menghadapi Pandemi Covid-19,”ujarnya.

Maszan