Beras Palsu Kembali Hantui Batam

155

BATAM, Hbabe.co.id-Adanya pemberitaan beredarnya beras plastik di Kepulauan Riau khususnya Pulau Batam kini meresahkan warga, mengingat mayoritas penduduk Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok sehari-hari. Parahnya, beras ini sekilas tak jauh berbeda dengan beras-beras asli di Indonesia.

Puput, warga Batam, Kepulauan Riau menuturkan kekawatirannya, dimana pada 2 tahun silam masyarakat juga pernah mendengar masuknya beras palsu ke Kepulauan Riau. Dan saat ini, dia lebih berhati-hati saat melakukan pembelian beras

“Kemarin saya beli beras di pasar jadi kawatir pak. Seperti biasa saya membeli beras ini kiloan dengan harga Rp1500 per kilo. Kita jadi semakin takut aja pak, soalnya susah bedainnya,” kata Puput, Minggu (23/4)

Dia mengaharapkan pemerintah segera melakukan tindakan sehingga keresahan masyarakat tidak semakin meluas. Puput menyarankan agar dilakukan razia pada setia distributor khususnya pada distributor beras luar negeri.

“Perketat pengawasan, apalagi Batam banyak beras masuk dari luar. Jangan ada korban dulu baru sibuk, jadi tolonglah pemerintah memberikan jaminan bagi warga bahwa tempat kita benar-benar aman dari beras palsu,”ungkapnya kawatir

Dari informasi yang dihimpun, beras palsu umumnya memiliki ciri-ciri, saat dimasak beras beras palsu akan mengeluarkan banyak air sementara beras biasa lebih meresap. Saat dimakam rasanya aneh, sintetisnya lebih berasa seperti makan plastik. Kemudian beras asli bentuknya putih dan tengah-tengahnya berbentuk putih susu. Tapi kalau beras palsu putih lebih bening.

redaksi