150 Satlinmas se-Kabupaten Karimun Ikuti Pembekalan yang Digelar Satpol PP Kepri

164

Karimun, Hbabe.co.id – Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Provinsi Kepulauan Riau menggelar kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Perlindungan Masyarakat dalam rangka Ketentraman dan Ketertiban Umum di Hotel Holiday, Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Senin (4/12/2023).

Kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Perlindungan Masyarakat dalam rangka Ketentraman dan Ketertiban Umum tersebut dibuka langsung oleh Kasatpol PP Kepri, Hendri Kurniadi, S.STP. M.Si.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karimun, Drs. Tejaria, Anggota KPU Kabupaten Karimun Divisi Hukum dan Pengawasan, Mohammad Fadli, Camat dan Lurah Se Kabupaten Karimun.

Kasatpol PP Kepri Hendri Kurniadi mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anggota Satlinmas terhadap peran dan fungsinya dalam turut serta menyelenggarakan ketentraman dan ketertiban umum serta menjadi pendukung utama pihak kepolisian, menjadi garda terdepan dalam membantu penyelenggaraan pemilu.

“Peran Satlinmas sangat mendasar, mereka menjadi pendeteksi awal atas potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan masyarakat, hal ini disebabkan mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar Hendri Kurniadi.

Dalam kesempatan itu, Kasatpol PP, Hendri Kurniadi juga meminta agar Satlinmas bisa bersinergi dengan seluruh instansi terkait dan mampu merangkul semua elemen masyarakat. Menurutnya, Satlinmas menjadi ujung tombak dalam membantu kepala daerah.

“Oleh karena itu, mereka perlu terus dibekali kemampuan, pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan fungsinya,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ia juga menuturkan, fungsi mereka sangat berat karena terkait dengan keamanan, ketenteraman dan ketertiban umum.

“Satlinmas harus berkoordinasi, komunikasi dan konsultasi dengan pihak-pihak berkaitan seperti Aparat Pemerintah setempat, RT, RW, Kepala Desa/Kelurahan, Polri dan TNI yang berada di wilayah masing-masing. Keamanan dan ketertiban setiap agenda menjadi salah satu indikator keberhasilan bersama,” jelas Kasatpol PP, Hendri.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana, Rizal Syahputra menjelaskan bahwa pada kegiatan tersebut Satpol PP menghadirkan dua orang narasumber yaitu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karimun, Drs. Tejaria dan Anggota KPU Kabupaten Karimun Divisi Hukum dan Pengawasan, Mohammad Fadli.

“Acara tersebut di selenggarakan selama satu hari dan di ikuti sebanyak 150 orang peserta dari anggota Satlinmas Se-kabupaten Karimun”. tutup Rizal Syahputra. (*Ry).

Editor : RD